Wednesday 10 May 2017

Tips Mengukur Masa-Masa Subur Wanita Yang Tepat

JIKA Anda menginginkan cara menghitung akar kuadrat cepat hamil, utama sekali memahami periode subur. Ada bermacam langkah untuk tahu.


“Masa subur perempuan yakni selagi alami ovulasi (kematangan sel telur) serta siap untuk dibuahi. Sedang lelaki, tetap dalam keadaan subur. Jika pada saat subur terkait intim jadi kesempatan terjadinya kehamilan begitu besar, ” tutur dr Handy Wiradharma SpOG, Rabu (8/2).

Dia menuturkan, periode subur simpangan baku kebanyakan berjalan dua minggu selesai perempuan menstruasi. Langkah mengkalkulasi periode subur dapat dari mengkalkulasi siklus haid, melihat getah lendir leher rahim (serviks), mengukur suhu basal badan, serta kontrol ultrasonografi (USG).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Samarinda itu menuturkan, rata-rata siklus haid berjalan 28 ± 7 hari atau 21-35 hari. Jika siklus menstruasi teratur tiap-tiap bulannya, periode subur pada hari ke-10 hingga hari ke-16, dihitung dari hari paling akhir menstruasi. Puncak periode suburnya yaitu di pertengahannya, yakni seputar hari ke-14 dihitung dari hari pertama menstruasi.

Simak juga : cara menghitung skala

“Misalkan hari menstruasi pada tanggal 7, jadi periode subur di tanggal 17 hingga tanggal 23 dengan puncak periode subur ada pada tanggal 20, ” kata dokter spesialis obstetri serta ginekologi di Tempat tinggal sakit Umum daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda.

Masa subur, lanjut dia, bisa didapati dengan melihat pergantian kekentalan lendir yang keluar dari vagina. Kerjakan penilaian dengan cara teratur sehari-hari. Lendir yang keluar pada saat subur berbentuk kenyal, tak terputus apabila dipegang serta ditarik memanjang, dan lengket seperti agar-agar.

CATAT SUHU VAGINA


Dari suhu badan bisa juga memastikan periode subur. “Suhu badan normal kebanyakan sekitar pada 35, 5 – 36 derajat Celsius. Pada selagi sel telur masak, rahim dapat bersiap-siap terima sel telur yang sudah dibuahi. Di sekarang ini, suhu badan dapat bertambah capai 37 - 38 derajat Celsius serta bakalan tidak kembali pada suhu normal, ” kata dia.

No comments:

Post a Comment