Sunday 5 November 2017

Akibat Nyalakan AC Tapi Mesin Mati, Mobil Bisa Mogok!

Salah seseorang teman OTOMOTIF menanyakan lewat telephone. “Kalau gue nyalain AC namun mesin tak hidup, bentar persoalan tak yah? ” tangkisnya polos. Kasusnya nyata-nyatanya diawali dikarenakan membaca artikel terkait bahaya emisi gas buang.

Akhirnya, pegawai swasta di daerah Tebet, Jaktim ini lantas tidak berani menyalakan mesin waktu mesti dandan sehabis parkir, selagi pingin menghadiri undangan di hotel.

Simak : perhitungan bep

Segera saja diperintah buat menyalakan mesin. Bahaya paling besar malah dikarenakan wanita ini ada kemungkinan dapat keringetan sekali lagi dikarenakan mesti mendorong mobil selagi mesti menyalakan mesin tuntas acara undangan.

“Yang tentunya, dikarenakan tak ada pengisian, jadi arus listrik di aki dapat habis. Jadi, mesin tak dapat di-starter sekali lagi, ” wanti Agung Anom, Kepala Bengkel Suzuki Kebon Jeruk, Jakbar. Pada tempat On, semua feature kelistrikan benar-benar mendapatkan persediaan listrik dari aki (gbr. 1). Tapi, kompresor AC bakalan tidak bekerja dikarenakan memperoleh tenaga dari putaran mesin.

Tidak cuma kehabisan sumber listrik di aki, potensi bahaya beda dapat saja buat motor blower AC ikut-ikutan rusak. “Namun ini buat waktu panjang. Soalnya kan namanya motor listrik tentunya hasilkan panas. Nah, hawa AC yang dingin turut menunjang buat umur gunakan motor blower AC lebih awet, ” sambung Anom sekali lagi.

Tetapi, ada hal-hal lain yang musti diwaspadai nih. “Waspada resistor blower AC juga rusak (gbr. 2). Feature yang bermanfaat buat mengatur kecepatan blower AC ini juga dibutuhkan hawa dingin buat membuatnya lebih tahan lama, ” papar Puji Utomo, Kepala Bengkel Chevrolet Serpong, Tangerang.

Seandainya lantas benar-benar hingga mesti menyalakan AC namun tidak dapat menghidupkan mesin. Mengusahakan agar tdk lebih dari 1 jam! “Takutnya seandainya hingga aki kehabisan listrik, ada salah satunya sel yang rusak (gbr. 3), ” bahas Anom kesempatan ini.

Nah, seandainya aki hingga nyata-nyata kehabisan listrik. Harus di-charge lagi atau mencari kabel jumper buat menghidupkan mesin (gbr. 4). “Kalau keadaan aki masihlah bagus, rata-rata cukup di-jumper serta hidupkan mesin supaya terisi kembali, ” jelas Puji sekali lagi.

Baca juga : cara membaca resistor

Repotnya buat yang umur aki udah cukup lama. Waktu listrik dilewatkan hingga habis sekalipun, ada kemungkinan ada salah satunya sel yang rusak. Harusnya, musti tukar aki baru deh.

Jadi, tak kuatir sekali lagi hasil dandan cantik buat keringetan ya. Tambah baik sembari menyalakan mesin dari pada mesti dorong mobil kan. Toh, sebagian besar kendaraan periode saat ini udah ditambahkan catalytic converter buat menyaring emisi gas buang.

No comments:

Post a Comment